Nenek Moyang Manusia Punah di Asia

Teori mengenai evolusi manusia baru-baru ini dimentahkan setelah ilmuwan menemukan bukti bahwa nenek moyang manusia modern mungkin punah lebih awal dari dugaan semula.

Homo Erectus disebut sebagai leluhur langsung dari Homo Sapiens. Homo Erectus bermigrasi keluar dari Afrika sekira 1,8 juta tahun yang lalu. Lalu sekira 500 ribu tahun yang lalu mereka lenyap dari Asia dan mayoritas wilayah Asia, beberapa mampu bertahan di Indonesia sampai 35 ribu tahun yang lalu.

Penelitian terbaru tersebut membantah anggapan tersebut dan berkata bahwa Homo Erectus punah jauh sebelum munculnya Homo Sapiens di wilayah Asia.

Penggalian serta analisi terbaru mengindikasikan bahwa Homo Erectus punah setidaknya 143 ribu tahun yang lalu, dan mungkin lebih dari 550 ribu tahun yang lalu.

Jelas bahwa penelitian ini menantang hipotesis 'Keluar dari Africa' yang berpendapat bahwa manusia modern sebelumnya telah berevolusi di Afrika, sebelum bermigrasi ke benua lain.

Penelitian tersebut memprediksikan sebuah periode antara Homo Sapiens dengan spesies lain yang mereka gantikan di luar wilayah Afrika. Bukti bertahannya Homo Erectus di Indonesia mampu dijadikan bukti yang mendukung teori tersebut. (Okezone/DailyMail)