Rumah Batu

Banyak fenomena dan keunikan di dunia ini yang mungkin saja beratus-ratus tahun yang lalu manusia lebih kuat dari pada manusia jaman sekarang ini.
Tapi memang pada dasarnya sejak dulu sampai sekarang, manusia selalu membutuhkan rumah sebagi tempat tinggal.
Di bawah ini ada beberapa rumah yang benar-benar terbuat dari batu alam dengan arsitektur yang luar biasa dan mengagumkan. (sakti, sumber webecoist dan beberapa sumber lainnya)


Al-Hijr, Saudi Arabia
Di antara situs paling terkenal Arab Saudi adalah hasil arsitektur Al hijr, yang dikenal juga sebagai Madain Saleh, di mana bagian depan gedung tempat tinggal Al Hijr, diukir di gunung batu pasir, kadang di milenium kedua SM, tempat ini secara harfiah Al-Hijr berarti tempat berbatu, diyakini telah dihuni oleh Nabataens dan Tsamud.

Ancient Rock City of Matera, Italy
Kota Matera di sebelah barat daya Italy, orang tinggal di rumah batuan kuno yang sama persis dengan nenek moyang mereka sekitar 9.000 tahun yang lalu, diciptakan dari jurang berbatu di mana banyak terdapat gua-gua alam di daerah tersebut, sehingga disebut "Sassi di Matera", menjadi rumah pertama dari penduduk daerah Neolithic.
Gua menciptakan sebuah labirin rumah, dan itu hampir mustahil untuk membedakan formasi batuan alam dari arsitektur kuno, karena rumah-rumah tumbuh dari batu dengan cara organik, menciptakan sedikit atraksi wisata di pertengahan abad ke-20 sebagai kota hantu.
Matera pernah dijadikan setting untuk film Mel Gibson "The Passion of the Christ"
Po Win Daung Caves, Myanmar
Puluhan gua-gua berada di bukit-bukit Po Win Daung Caves, Myanmar, berisi harta karun berupa ukiran Buddha dari abad 14 ke 18, di mana sejak dulu menjadi kediaman manusia Myanmar (dulu Burma, red).
Dalam gua bisa dilihat 4.000 mural sepanjang tangga menuju bukit ke kuil gua utama, dengan ukiran Buddha bertindak sebagai pilar dalam gua, serta penjaga di luar pintu masuk.
Rock-Hewn Churches of Lalibela, Ethiopia
Berdiri sejak abad ke-12, saat Raja Lalibela yang memerintah Ethiopia saat itu, menugaskan para ahli untuk mendirikan Yerusalem Baru, dengan tujuan bagi mereka yang tidak bisa membuat ziarah ke kota aslinya.
Karya struktur ukiran batu menakjubkan dengan pahatan pada sebuah blok tunggal granit, di mana atapnya berada di lantai dasar, serta tentu dengan susah payah memahat ukiran interior, sementara yang tertinggi mencapai 40 kaki.
Ajanta Caves, India
Memotong batu kuil yang menakjubkan dari Ajanta di Maharashtra, India, menjadi salah satu harta yang paling membanggakan.
Terletak di sisi jurang granit  lembah sungai Wagurna, terdiri dari 2 komplek biara-biara dan tempat suci, didirikan sekitara abad ke-1SM dan abad ke-7, berisi lukisan dan patung dianggap sebagai karya seni agama Buddha.
Abu Simbel Nubian Monuments, Egypt
Empat patung raksasa penjaga Firaun Ramses II pintu Abu Simbel -mesir kuno, seluruhnya terbuat dari pahatan tebing batu pasir di tas sungai Nil.
Para ahli pemotong tebing ditugaskan sendiri oleh Ramses II, di mana candi menghdap ke timur sehingga dua kali setahun, sinar matahari sampai ke dalam tempat kudus terdalam, menerangi patung Ptah, Amun-Re, Ramses II, dan Re-Horakhty.
Komplek tersebut dipindahkan pada tahun 1960 untuk menghindari kemungkinan banjir ketika danau nasser telah dibuat.
Yungang Grottoes, China
Yungang Grottoes dari Datong di propinsi Shanxi Cina terdiri dari 53 gua dan 51.000 patung, dan merupakan salah satu contoh seni gua paling indah di China.
Banyak karya seni di dalam gua dicuri pada awal abad 20 dan bangunan candi kayu terbakar habis, karena itu kini Yungang Grottoes menjadi situs warisan dunia UNESCO.
Cappadocia Cave Houses, Turkey
Salah satu dari 73 provinsi Republik Turkey yang mempunyai pemandangan paling aneh dan menarik di dunia, tanah berbatu  fitur vulkanik kerdil, keanehan "tufa" formasi batuan disebut sebagai "fairy chimneys" serta komplek kota-kota bawah tanah dan bangunan dipotong dari tufa lunak.
Golden Temple of Dambulla, Sri Lanka
Dibuat dari ukiran batu raksasa, dihuni selama zaman prasejarah dan kemudian digunakan untuk upacara pra-Buddhis, dibangun dan didekorasi pada abad 89SM oleh Raja Valagambahu.
Di langit-langit gua dan dindingnya dicat dengan gambar keagamaan mengikuti kontur batu, dan ada sekitar 150 patung Buddha, tokoh-tokoh sejarah Sri Lanka, dan beberapa patung dewa-dewa Hindu.
Sebuah patung Buddha dengan tinggi 14 meter diukir dari batu mendominasi gua pertama di pintu masuk Godel Temple ini.
Elephant Cave Temple, Bali
Salah tempat paling historis di Bali - Indonesia, beberapa bagian nampak hancur karena bencana alam, dan tidak terdeteksi selama berabad-abad, sampai seorang arkeolog stumbled Belanda pada tahun 1923 meneliti keberadaan goa ini, dan diperkirakan telah dibangun pada abad ke-11.
Fitur patung dari Elephant Cave Temple dipengaruhi oleh Hindu dan Buddha, berisi ruang meditasi rahasia bagi para imam atau pertapa. 
Dua kolam renang tradisional berada di luar gua dan menurut kabarnya airnya memiliki sifat magis.
Churches of Ivanovo, Bulgaria
Struktur yang paling terkenal dan mengesankan dengan adanya lukisan-lukisan indah di dinding, diperkirakan dibuat pada abad ke-13, berabad-abad yang lalu untuk mencapai tempat itu harus dengan cara memanjat menggunakan tali untuk masuk ke dalam.
Temples of Damanhur, Valchuisella-Italy
Diukir menjadi batu di bawah desa Valchuisella-Italy, banyak orang bertanya-tanya tentang keberadaan tempat ini, yang dianggap dari sebuah sejarah kuno, dan dianggap menjadi delapan keajaiban dunia, tapi rupanya tempat ini adalah hasil dari ciptaan di abad modern, oleh seorang yang punya imajinatif aktif, bernama Oberto Airaudi broker asuransi berusia 57 tahun, mantan yang menciptakan candi berhias, dan menempati daerah sebesar 300.000 meter kubik, yang selama 16 tahun menjadi tempat rahasia.
Oberto Airaudi disebut juga sebagai paranormal eksentrik, memiliki bukit batu kokoh, dibangun sebuah rumah sederhana, dan mulai menggali di bawahnya, membuat sembilan kamar penuh dengan mural menakjubkan, mosaik, patung, pintu rahasia, dan jendela kaca patri.
Karya dari Oberto Airaudi ini sangat menarik banyak para wisatawan untuk melihat hasil dari jaman modern bernuansa masa sejarah kuno.