Lucid dream

''Pernahkan kalian sadar dalam mimpi kalian sendiri?
Kalian sadar kalau kalian sedang bermimpi dan kalian bisa mengendalikan mimpi kalian itu sendiri. Bahkan mimpi tersebut terlihat seperti sangat nyata. Seru bukan?''
  
Akhirnya saya bisa posting juga tulisan misteri ini biarpun sudah larut malam. Tapi demi pembaca setia misteri nelayansawah.blogspot.com, maka dengan senang hati saya posting misteri baru. Kali ini misteri yang saya akan bahas adalah fenomena ‘Lucid Dream’. Mungkin istilah ini kedengarannya masih sangat baru di telinga kita kita. Ya, Benar! karena baru baru ini di bulan Juli 2010 ternyata muncul film yang memperkenalkan gambaran bagaimana Lucid Dream itu terjadi..ya! Inception. Saya saja baru tadi malam tau  tentang fenomena  lucid dream ini, setelah teman saya memberi tahu saya tentang fenomena Lucid Dream. 


Dulu waktu masih kecil saya sering mengalami lucid dream. Ya! saya pernah bermimpi  dan dalam mimpi tsb saya sadar kalau saya sekarang sedang bermimpi, makanya jadi males untuk bangun lagi. Eh! ntar gak bangun2 lagi gmn?. Hhe.. habisnya menurut saya seru aja kalau bisa melakukan apa saja dalam mimpi kita. Tapi sekarang terkadang saya masih mengalaminya meskipun gak sesering dulu. Benar kata teman saya, “makin nambah umur, pikiran makin kritis, perbedaan mimpi ama kenyataan makin jauh”. Makanya sekarang jadi jarang banget mengalami lucid dream. Setelah saya searhing di google ternyata yang mengalami Lucid Dream ini hampir semua manusia. jadi ini bukan kelainan atau kemampuan supranatural kita.

Sebenarnya lucid dream hampir sama dengan tulisan saya yang sebelumnya pernah saya bahas, yaitu Precognitive Dream atau mimpi yang menjadi kenyataan. Cuma bedanya disini kalau Lucid Dream itu lebih kepada hal hal yang menyenangkan sedangkan kalau Precognitive Dream, kita sadar tapi keadaannya Gawat! Karena Precognitive Dream itu lebih sering adalah mimpi buruk. Jadi jelas kan perbedaannya?

Jadi, Apa itu Lucid Dream?


Lucid Dream adalah keadaan di mana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi ketika kita bermimpi.Lucid Dream biasanya muncul ketika seseorang sedang ditengah-tengah mimpi dan tiba-tiba sadar bahwa ia sedang bermimpi. keadaan tersebut disebut dengan mimpi yang "lucid"(lucid=jelas) dan bisa masuk kedalam beberapa level of lucidity.pada level yang rendah (pengaruh luciditynya lemah) orang tersebut hanya sedikit sadar bahwa ia sedang bermimpi, tapi belum bisa mendapatkan kendali penuh terhadap mimpinya.pada level yang tinggi (pengaruh luciditynya kuat) orang tersebut sadar sepenuhnya bahwa ia sedang bermimpi, dan bisa sepenuhnya mengontrol segala gerak-geriknya di dalam mimpinya bahkan dapat melakukan apa saja yang dia inginkan.

Apakah mungkin kita bisa memprogram atau menentukan sendiri isinya mimpi kita? Bisa! Kita bermimpi tetapi dalam keadaan sadar, sehingga dengan mana, kita dapat menentukan atau memprogram sendiri jalannya mimpi tersebut. Mimpi seperti ini lebih dikenal dengan sebutan “Lucid Dreaming”. Kata lucid itu sendiri diserap dari bahasa Latin Lux = cahaya dan dalam bahasa Jerman = Klartraum. Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “mimpi cerah”.

Lucid Mimpi ini sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang baru, didalam Kitab PL sudah tercantum adanya lucid mimpi Kidung Agung 5:2 “Aku tidur, tetapi hatiku bangun…” Orang Tibet sudah dari sejak dahulu mempraktekan lucid mimpi dalam Yoga Mimpi mereka. Di tahun 1867, Marquis d’Hervey de Saint-Denys telah menerbitkan bukunya yang berjudul “Dreams and how to Guide Them” metoda bagaimana kita bisa melakukan lucid mimpi.

Apa manfaatnya dari Lucid Dream?

Dengan adanya kemungkinan lucid mimpi, kita bisa merubah mimpi buruk kita menjadi mimpi yang indah. Daripada mimpi ketemu hantu atau apalah, lebih baik kita mimpi ketemu dengan Angelina Jolie. Apakah kalian tidak ingin untuk bisa bertemu dengan orang yang Anda kasihi, entah itu istri, suami, pacar, sahabat Anda maupun orang tua Anda. Di dalam mimpi bisa saja kita bertemu dengan orang tua yang berada di tempat jauh, bahkan mungkin juga yang sudah berada di alam baka sekalipun; sebab di dalam mimpi semuanya bisa terjadi. Dalam mimpi tidak ada batasan ruangan, waktu maupun kemampuan. Dalam kenyataan hidup kita tidak bisa terbang, tetapi dalam mimpi kita bisa terbang.

Lucid mimpi juga bisa dimanfaatkan untuk belajar. Apabila kita ingin belajar bersepeda secara nyata, banyak kemungkinan kita akan jatuh, terluka, bahkan terasa sakit sekali saat terjatuh. Tapi jika kalian belajar bersepeda dalam mimpi. Tentu kalian bisa belajar sepuasnya tanpa terluka atau jatuh. Sehingga pada saat kita bangun kita bisa menjadi lebih Pe-De dan lebih yakin lagi akan kemampuan kita.

Begitu juga dengan problem atau masalah yang sedang kita hadapi. Masalah tersebut bisa kita bawa ke dalam mimpi, siapa tahu di dalam mimpi kita bisa menemukan solusinya. Hal ini banyak sekali dilakukan oleh para ilmuwan maupun seniman. Lucid mimpi bisa juga digunakan sebagai terapi. Apabila seorang kecanduan alkohol maka sebaiknya ia tidak minum whiskey atau bir lagi, tetapi di dalam mimpi ia bisa tetap minum. Hal ini dapat meringankan penderitaan mereka.

Begitu juga untuk menghilangkan phobie atau rasa takut. Apabila seorang merasa takut untuk naik pesawat, ia bisa mulai belajar naik pesawat di dalam mimpinya terlebih dahulu, sehingga dengan demikian tahap demi tahap, ia bisa menghilangkan rasa takutnya.


Bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan lucid mimpi ini; agar kita bisa memprogram atau menentukan jalanya mimpi kita?

Tahap Pertama :
Belajar mengingat dan mencatat buku harian dari isinya mimpi. Apabila Anda bangun tidur usahakan untuk tetap berbaring beberapa menit lebih lama dan mengingat hal apa saja yang ada impikan sebelumnya. Setelah itu dicatat di dalam buku harian mimpi Anda.

Tahap kedua :
Sebelumnya tidur usahakan untuk mengingat hal-hal apa saja yang ingin Anda lakukan di dalam mimpi Anda. Umpamanya saya ingin bertemu dengan seseorang yang sudah tiada, maka sebaiknya sebelumnya saya tidur mengingat kembali masa-masa yang indah dengan orang tersebut ataupun mengingat masa kecil saya.

Tahap ketiga :
Menggunakan metoda Wake-Back-To-Bed (WBTB) atau bangun sejenak dan segera langsung tidur kembali. Pasang jam beker agar Anda bisa bangun tiga jam lebih awal. Pada saat Anda bangun langsung usahakan untuk mengingat kembali hal seperti yang tercantum diatas (Tahap Kedua). Setelah itu coba untuk tidur kembali.

rileks.com 

Jadi kesimpulan yang saya ambil adalah tidak semua lucid dream itu menyenangkan. Tapi lucid dream banyak banyak juga membari manfaat bagi manusia. memang menyenangkan jika kita bisa melakukan apa saja yang kita suka dalam mimpi. Dan sekarang kalian sudah tau apa itu Lucid Dream. Siapa sih yang tidak mau bisa mengendalikan mimpi sendiri dalam keadaan sadar?


(sumber : kaskus.us, en.wikipedia.org/wiki/Lucid_dream)