Kenali fakta tentang darah yuk?

Sehari-hari kita akrab dengan istilah darah rendah, kurang darah atau darah kotor. Kita juga rasanya nggak asing dengan donor darah, golongan darah dan suplemen penambah darah. Tapi, memang ada darah yang kotor? Yuk kita kenali fakta tentang darah.

Kaya serat, darah sehat
"Penyakit datang dari makanan yang kita makan" bukanlah kalimat isapan jempol. Kesehatan darah pun salah satu yang sangat dipengaruhi makanan kita. Makanan yang kaya lemak, karbohidrat dan kurang serat ternyata menyebabkan pembuluh darah kita menyempit.

Cuma mitos, nih!
"Kamu jerawatan gara-gara darah kotor, tuh!" ujar seorang teman. Sebagian kita mungkin juga percaya dengan pendapat ini. Mulai deh, kita sibuk minum jamu-jamuan untuk membersihkan darah. Kenyataannya, darah kotor tidak dikenal dalam dunia medis.

Donor? takut, ah!
Ngaku deh, di antara kita pasti masih banyak yang enggan mendonorkan darah karena takut. Takut gemuklah, khawatir jadi kurang darah, sampai takut jarum. Kalau alasan ketiga sih masih bisa ditolerir tapi bahwa donor bisa menyebabkan kita gemuk, belum terbukti tuh!

Darah rendah vs kurang darah
Apa sih yang dimaksud dengan darah rendah? Darah rendah adalah jika tekanan darah seseorang di bawah 100. Hal ini berhubungan dengan pompa jantung. Kondisi ini berbeda dengan kurang darah yang menyatakan kurangnya kekentalan hemoglobin atau sel darah merah.

Sumber